pendidikan

Rangkuman Urutan Riwayat Pendidikan Di Cv

urutan riwayat pendidikan di cv
image source : bing.com

Apa itu Riwayat Pendidikan?

Riwayat pendidikan adalah sebuah bagian penting dalam sebuah CV (Curriculum Vitae) yang merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang informasi diri dan karir dari seorang pelamar. Riwayat pendidikan ini akan membantu perusahaan dalam memutuskan siapakah kandidat yang terbaik untuk posisi yang diminta. Oleh karena itu, urutan riwayat pendidikan di CV harus disusun dengan baik dan benar.

Urutan Riwayat Pendidikan di CV

Riwayat pendidikan dalam sebuah CV harus disusun secara berurut mulai dari yang terakhir. Ini bertujuan agar pembaca CV dapat lebih mudah menemukan informasi yang dibutuhkan dan mengetahui tingkat pendidikan terakhir yang telah dicapai oleh pelamar. Berikut ini adalah urutan riwayat pendidikan di CV yang harus dicantumkan.

1. Pendidikan Terakhir

Pendidikan terakhir yang dicantumkan di CV harus dimulai dari yang terbaru. Mulai dari jenjang pendidikan tinggi, seperti lulusan S1, S2 dan S3. Kemudian diikuti dengan jenjang pendidikan menengah, seperti lulusan SMA, SMK atau sederajat. Selanjutnya, disusul dengan jenjang pendidikan dasar, mulai dari SD, SMP atau sederajat.

2. Nama Sekolah/Institusi/Universitas

Setelah menyebutkan jenjang pendidikan, selanjutnya adalah menuliskan nama sekolah atau institusi atau universitas yang telah diikuti oleh pelamar. Nama sekolah atau institusi atau universitas yang disebutkan juga harus sesuai dengan yang tercatat dalam ijazah.

3. Tanggal Masuk dan Keluar

Setelah mencantumkan nama sekolah atau institusi atau universitas, selanjutnya adalah mencantumkan tanggal masuk dan keluar dari sekolah atau institusi atau universitas tersebut. Tanggal masuk dan keluar ini nantinya akan membantu perusahaan dalam mengetahui lama waktu yang dilalui oleh pelamar untuk menyelesaikan pendidikan.

4. Keterangan Lain

Selain mencantumkan jenjang pendidikan, nama sekolah atau institusi atau universitas, dan tanggal masuk dan keluar, kandidat juga bisa menambahkan keterangan lain yang berkaitan dengan pendidikan yang telah diikutinya. Keterangan lain tersebut bisa berupa informasi tentang keterampilan yang telah dikuasai, sertifikat keahlian yang telah diberikan, atau prestasi yang telah diraih.

Contoh Riwayat Pendidikan di CV

Berikut ini adalah contoh riwayat pendidikan dalam sebuah CV yang telah disusun berdasarkan urutan yang benar:

  • Magister Manajemen, Universitas Indonesia, 2018 – Sekarang
  • Sarjana Manajemen, Universitas Indonesia, 2014 – 2018
  • SMA Negeri 6 Jakarta, 2011 – 2014
  • SMP Negeri 6 Jakarta, 2008 – 2011
  • SD Negeri 6 Jakarta, 2002 – 2008

Kesimpulan

Riwayat pendidikan adalah sebuah bagian penting dalam sebuah CV yang akan membantu perusahaan dalam memutuskan siapakah kandidat yang terbaik untuk posisi yang diminta. Oleh karena itu, urutan riwayat pendidikan di CV harus disusun dengan benar. Mulai dari jenjang pendidikan tinggi, jenjang pendidikan menengah, dan jenjang pendidikan dasar. Selain itu, disertakan juga nama sekolah atau institusi atau universitas yang telah diikuti, tanggal masuk dan keluar, serta keterangan lain yang berkaitan dengan pendidikan yang telah diikutinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button